7 alasan kenapa kamu tidak boleh tidur keadaan rambut basah



RAMBUT BASAH Kita sering sekali menyepelekan rambut yang basah sebelum tidur, kita biasanya kalau ngantuk ya tidur langsung ,, meskipun rambut kita basah,, Tapi tahukah kamu rahasia cantik alami menyarankan jangan tidur sebelum rambut kamu kering,, kenapa ?




 Nah berikut adalah alasan rambut kamu tidak boleh basah saat kamu tertidur

1. Rambut menjadi rusak



Rambut dengan keadaan basah akan mudah menjadi kusut. Apalagi, gerakan kepala yang tidak disengaja saat tidur dapat menyebabkan rambut tertarik ke berbagai arah dan berisiko membuat rambut rusak. Jadi, lebih baik kamu keringkan terlebih dahulu dan gunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut semakin rontok.

2. Menimbulkan infeksi pada kulit kepala


Rambut basah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit kepala. Hal ini dapat terjadi karena mikroorganisme akan bereproduksi pada kondisi lembap dan hangat. Sehingga, iritasi dan infeksi jamur dapat muncul di kulit kepala kamu.

3. Menimbulkan ketombe dan rasa gatal



Walau rambut sudah dalam keadaan bersih, tetapi ternyata jamur dapat tumbuh di kulit kepala. Apalagi, jika dalam keadaan lembap atau basah. Pada umumnya, jamur di kulit kepala akan menyebabkan gatal dan radang.

Selain itu, ketombe juga dapat muncul jika tidur dalam keadaan rambut basah. Kondisi rambut yang hangat, gelap, dan lembap dapat memicu munculnya jamur pada kulit kepala. Tentu saja hal ini dapat menganggu kepercayaan diri dan kenyamanan kamu.


4. Memicu terjadinya pilek dan alergi


Tidur dalam keadaan rambut basah ternyata dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu terjadinya pilek dan alergi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan suhu tubuh ketika tidur dan rambut masih basah. Kelembapan yang terjadi dalam beberapa jam dapat menyebabkan pertahanan tubuh kamu menjadi lemah, sehingga virus dan bakteri mudah menyerang.

5. Memicu sakit kepala



Rambut yang basah tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri atau jamur sehingga dapat memicu sakit kepala karena tubuh berusaha untuk melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan oleh peningkatan aliran darah. Nah, peningkatan aliran darah ini juga memberikan tekanan yang menyebabkan rasa sakit di kepala.

6. Rambut menjadi berminyak


Tidur dalam kondisi rambut masih basah cenderung dapat meningkatkan kelebihan lemak yang membuat rambut terasa lebih lengket. Rasa lengket ini yang akan membuat rambut kamu terasa lebih berminyak dan tampak greasy.

7. Menimbulkan kurap


siapa  yang mau kurapan ?

Terakhir, kurap dapat muncul ketika kamu tidur dalam kondisi rambut masih basah. Kurap adalah salah satu infeksi jamur yang sangat menular, gatal, dan menyebabkan kerontokan amat parah pada rambut. Jamur ini dapat berkembang pesat terlebih dalam kondisi hangat dan lembap.

Nah, itu dia tujuh dampak jika kamu tidur dalam keadaan rambut masih basah. Mulai saat ini,  jangan lupa untuk mengeringkan rambut secara seksama sebelum beristirahat ya,